Tiga Tahun Hentakan Bupati Nikson Nababan untuk Taput

3 tahun sudah Bupati Nikson Nababan memimpin Tapanuli Utara. Dengan kepemimpinannya yang merakyat dan program-program kerjanya, membuat masyarakat Tapanuli Utara mencintainya. Bagaimana tidak, dengan program kerjanya, beliau berhasil membawa Tapanuli Utara berkembang dengan pesat. Tidak heran jika pada pemilu depan, beliau digadang – gadang akan dengan mudah menang kembali. Berbekal kepercayaan tinggi dari masyarakat serta bukti kemajuan yang pesat di Tapanuli Utara, tidak mustahil hal itu untuk terwujud.

Kepemimpinan beliau yang merakyat, sepertinya imbas dari latar belangnya yang pernah hidup susah. Nikson Nababan kecil, terlahir dari pasangan guru di desa. Meskipun orang tuanya guru, tidak lantas membuatnya mendapat fasilitas lebih. Namun keluarga ini memiliki kehidupan ekonomi yang pas-pasan. Bahkan untuk mencari tambahan penghasilan tambahan kedua orang tuanya juga bekerja sebagai petani.

Ketika kuliah pun Nikson Nababan tidak malu untuk menjadi seorang pengamen. Meski diakui beliau tidak ada bakat menyanyi, tapi karena desakan keadaan untuk menunjang kuliah serta kebutuhan sehari-hari, terpaksa beliau lakukan. Pernah juga menjadi seorang sales yang bergaji Rp 2000 karena sulitnya mencari pekerjaan pernah dijalani. Karena tempaan hidup seperti itulah yang membuatnya sangat peduli kepada rakyat kecil. Menjadi Bupati seperti saat ini tidak sedikitpun terbesit di dalam angan-angan beliau.

Tidak heran hentakan Bupati Nikson Nababan dalam tiga tahun di Tapanuli Utara memberi dampak positif bagi rakyat. Banyak program beliau yang telah sukses membuat Tapanuli Utara mengalami perubahan menjadi lebih baik. Mulai perbaikan dari sektor pertanian, pembenahan SDM hingga sektor wisata sudah mengalami kemajuan. Dengan jargon tidak ada yang tidak mungkin, beliau mampu memberi angin segar bagi Tapanuli Utara. Hingga akhirnya terciptanya hubungan kedekatan beliau dengan rakyat.

Nikson Nababan menghentak Tapanuli Utara dengan memberikan perhatian khusus kepada pertanian. Tidak aneh memang, karena begitu besarnya potensi pertanian di Tapanuli Utara. Pemberian pupuk yang bisa dibayar saat panen, pemberian bibit unggul, hingga menyediakan wadah untuk petani menjual hasil panen dengan harga diatas biaya produksi adalah program beliau. Pun juga memberikan pengelolahan penuh terhadap lahan-lahan kosong yang baru dibuka. Sehingga selain memberdayakan petani yang ada, juga akan membantu mensejahterakannya.

Kemudian beliau juga memberikan program pengembangan SDM. Nikson Nababan ingin agar rakyat Tapanuli Utara menikmati pendidikan tanpa terkecuali. Beliau membangun unit sekolah baru agar mampu mencapai desa-desa terpencil. Beliau juga memperhatikan tentang biaya pendidikan dengan memberi program bantuan. Bahkan beliau juga menyiapkan beasiswa untuk belajar di luar negeri bagi pelajar yang berprestasi.

Untuk memperbaiki perekonomian warga Tapanuli Utara, Bupati Nikson Nababan menggebrak dengan program yang terbilang dinamis. Bagaimana tidak, beliau turun langsung memantau lokasi wisata yang berpotensi untuk menjadi wisata andalan. Memang Tapanuli Utara sudah tersohor oleh Salib Kasih, sehingga menjadi lokasi wisata rohani. Namun baru di tangan beliau inilah berkembangan mengalami kemajuan. Juga beliau bekerja sama dengan pihak daerah untuk mengadakan even rutin yang diselenggarakan di Tapanuli Utara.

Dengan adanya even yang menarik dan diadakan secara rutin di Tapanuli Utara, beliau berharap mampu mendatangkan wisatawan. Bupati Nikson Nababan menjelaskan, jika wisatawan datang, maka roda perekonomian warga akan bergerak. Hotel-hotel akan penuh pengunjung, bisnis penyedia jasa akan terus berkembang. Perputaran uang di bank dan pengrajin kerajinan tangan juga akan mendapatkan imbas positif. Dan yang lebih penting menyerap tenaga kerja sehingga mampu mengurangi angka pengangguran secara efektif.

Bupati Nikson Nababan berharap dengan gebrakan seperti ini, Tapanuli Utara mampu bersaing dengan daerah lain yang sudah maju. Pengentasan kemiskinan memang menjadi target utama beliau. Namun beliau juga tetap memperhatikan kualitas SDM. Tidak hanya itu saja, pembangunan fasilitas pendukung seperti pembangunan turbin pembangkit listrik tenaga air bukti kepedulian beliau kepada rakyat. Tidak heran tingkat kepuasan rakyat terhadap kepemimpinan beliau menjadi sangat tinggi.